Penulis Utama : Lia Mawarni
NIM / NIP : K8412040
×

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara pemanfaatan media video dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta. (2) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta. (3) Hubungan antara pemanfaatan media video dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 125 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 62 siswa diambil dengan teknik cluster proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.
Kesimpulan penelitian ini bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media video dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media video dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta. Jadi, dapat dinyatakan bahwa pemanfaatan media video dan motivasi belajar bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta.
Kata kunci: Kuantitatif, Prestasi Belajar Sosiologi, Pemanfaatan Media video, Motivasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Lia Mawarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412040
Tahun : 2016
Judul : Hubungan antara pemanfaatan media video dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas x ilmu pengetahuan sosial sma negeri 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8412040-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Zaini Rohmad, M.Pd
2. Drs. Slamet Subagya, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.