Penulis Utama : Nada Hafizha
NIM / NIP : K1212053
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kohesi gramatikal pada naskah drama Ayahku Pulang; (2) kohesi leksikal pada naskah drama Ayahku Pulang; (3) relevansi analisis kohesi gramatika dan leksikal sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana tekstual. Sumber data adalah dokumen berupa teks naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail. Sampel dalam penelitian ini adalah teks naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Hasil temuan penelitian ditemukan penggunaan aspek gramatikal sejumlah 458 data meliputi pengacuan, penyulihan, pelesapan, dan perangkaian. Aspek leksikal yang ditemukan berjumlah 90 data meliputi repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, ekuivalensi.
Dari keseluruhan analisis aspek gramatikal dan leksikal dapat disimpulkan bahwa naskah drama Ayahku Pulang dapat disebut wacana yang utuh. Penelitian ini memaparkan relevansi analisis piranti kohesi gramatikal dan leksikal dalam naskah drama Ayahku Pulang memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Hal ini terlihat dari kesesuaian naskah dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Selain sesuai dengan kurikulum, naskah drama Ayahku Pulang memiliki nilai-nilai pendidikan yang baik jika diajarkan dalam pembelajaran di SMA.
Kata Kunci : kohesi gramatikal, kohesi leksikal, bahan ajar

 

×
Penulis Utama : Nada Hafizha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212053
Tahun : 2016
Judul : Analisis piranti kohesi gramatikal dan leksikal pada naskah drama ayahku pulang karya usmar ismail dan relevansinya sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K.1212053-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.