Penulis Utama : Agung Tri Purwahyono
NIM / NIP : C0612001
×

Tugas Akhir ini memvisualisasikan gagasan pemikiran penulis dalam bentuk karya keramik, yang menjadikan karakter bentuk awan sebagai sumber ide. Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini, yaitu; 1.Bagaimana karakter bentuk awan? 2. Bagaimana mengolah atau mengembangkan bentuk awan ke dalam karya seni keramik? 3.Bagaimana memvisualisasikan keindahan bentuk awan ke dalam karya keramik?
Tujuan Tugas Akhir ini adalah 1. Mendeskripsikan ragam bentuk awan. 2. Mengolah susunan ragam bentuk awan ke dalam konsep karya seni keramik.3. Memvisualisasi gagasan estetika ragam bentuk awan ke dalam karya seni keramik menggunakan teknik pinch dan slab
Pembentukkan karya seni keramik dengan konsep awan berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis melihat awan dari sudut pandang yang berbeda. Awan secara visual terlihat sangat menarik, karena pada setiap detik, menit, dan jam selalu berubah-ubah bentuknya. Awan mengajarkan tentang sebuah persepsi. Baginya, entah itu hitam atau terang, malam atau siang, ia tetap bergulung-gulung indah. Ia tetap menari diiringi angin untuk merayakan kebebasan. Karena bagi awan, jelek dan baik itu hanyalah sebuah persepsi.
Teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni keramik ini adalah teknik pinch dan slab. Teknik ini dipilih penulis karena menyesuaikan bentuk awan yang tidak teratur dan berkarakter, untuk itu teknik ini mempermudah penulis dalam mengaplikasikan konsep ke dalam karya.
Kata kunci: Awan; Keindahan dan Kebebasan Awan; Teknik Pinching and Slabbing; Seni Keramik.

 

×
Penulis Utama : Agung Tri Purwahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0612001
Tahun : 2016
Judul : Awan sebagai sumber ide peciptaan karya seni keramik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2016
Program Studi : S-1 Seni Rupa Murni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Seni Rupa Murni-C.0612001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edi Wahyono Harjanto, M. Sn
2. Sigit Purnomo Adi, S.Sn., M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.