Penulis Utama : Agustiani Viki Astuti
NIM / NIP : K5112003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A, di mana subjek diberikan perlakuan secara berulang-ulang dengan periode waktu tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah satu anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB C Setya Darma Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tipe pilihan ganda dan uraian singkat. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan reliabilitas antar-penguji (interrater reliability). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif disertai analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata (mean level) subjek RPA yaitu pada fase baseline 1 (A1) subjek RPA mendapat nilai rata-rata (mean level) 39, fase intervensi (B) subjek RPA mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata (mean level) menjadi 86, dan pada fase baseline 2 (A2) nilai rata-rata (mean level) subjek RPA yaitu 98. Adapun hasil analisis visual data yang diperoleh pada setiap fase pengukuran baik pada fase baseline 1 (A1), intervensi (B), dan fase baseline 2 (A2) subjek RPA memiliki tingkat kestabilan tinggi dan kecenderungan arah meningkat atau naik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: tunagrahita ringan, kemampuan membaca pemahaman, strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)

 

×
Penulis Utama : Agustiani Viki Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112003
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas strategi directed reading thinking activity (drta) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas viii di slb c setya darma Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.