Penulis Utama : Muhammad Sunthi
NIM / NIP : K7112149
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode Buzz Group dengan media konkret, (2) untuk meningkatkan pembelajaran pembagian bilangan cacah, serta (3) untuk mendeskripsikan kendala yang dialami dan solusinya dalam peningkatkan pembelajaran pembagian bilangan cacah melalui metode Buzz Group dengan media konkret.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus yang terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Kutosari. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, peneliti, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan metode Buzz Group dengan media konkret dilaksanakan melalui enam langkah, yaitu: (a) memaparkan masalah dengan media konkret, (b) membagi kelompok dan media konkret, (c) berdiskusi dengan memanipulasi media konkret, (d) melaporkan diskusi dengan memanipulasi media konkret, (e) menyamakan persepsi dengan memanipulasi media konkret, (f) mencatat hasil diskusi yang sudah dibenarkan dengan media konkret, (2) penerapan metode Buzz Group dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran pembagian bilangan cacah pada siswa kelas II SD Negeri 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan peningkatkan hasil belajar, yaitu pada siklus I = 73,9%, siklus II = 81,25%, dan siklus III = 86,25%, (3) kendala pelaksanaan yaitu: beberapa siswa belum memperhatikan guru, guru kurang menguasai media, siswa belum terkondisikan, masih ada siswa kurang aktif, siswa menyampaikan hasil diskusi kurang jelas. Adapun solusi dari masalah tersebut meliputi: guru selalu menegur siswa yang kurang fokus, guru untuk lebih menguasai media konkret, guru lebih mengkondisikan siswa, guru lebih mengaktifkan siswa, guru menyuruh siswa untuk menyampaikan hasil diskusi dengan jelas.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Buzz Group dengan media konkret dapat meningkatkan pembagian bilangan cacah pada siswa kelas II SD Negeri 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Buzz Group, media konkret, pembagian bilangan cacah

 

×
Penulis Utama : Muhammad Sunthi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112149
Tahun : 2016
Judul : Penerapan metode buzz group dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran pembagian bilangan cacah pada siswa kelas ii sd negeri 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112149-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
2. Drs. Joharman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.