Penulis Utama : Sklera Ratnasari
NIM / NIP : K5112068
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan kartu bergambar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada anak tunagrahita kelas IX di SLB-A YKAB Surakarta tahun 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang anak tunagrahita kelas IX di SLB-A YKAB Surakarta. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, disertai analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Dari hasil analisis dapat diperoleh rata-rata nilai masing-masing subjek yaitu pada fase baseline 1 (A1) subjek NBR mendapat rata-rata nilai 33,33, subjek YVA mendapat 36,66. Pada fase intervensi (B) rata-rata masing-masing subjek mengalami peningkatan yaitu NBR mendapat rata-rata nilai 75 dan YVA mendapat 87,5. Sedangkan pada fase baseline 2 (A2) rata-rata nilai subjek NBR yaitu 86,66 dan 93,33 untuk YVA. Adapun hasil analisis visual data yang diperoleh pada setiap fase pengukuran baik pada fase baseline 1 (A1), intervensi (B), dan fase baseline 2 (A2) pada kedua subjek memiliki tingkat kestabilan tinggi dan kecenderungan arah meningkat atau naik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kartu bergambar efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi jenis-jenis usaha ekonomi dalam masyarakat pada anak tunagrahita kelas IX di SLB-A YKAB Surakarta tahun 2015/2016.
Kata Kunci : permainan kartu bergambar, prestasi belajar IPS, tunagrahita

 

×
Penulis Utama : Sklera Ratnasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112068
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas penggunaan permainan kartu bergambar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (ips) pada anak tunagrahita kelas ix di slb-a ykab Surakarta tahun 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Maryadi, M.Ag
2. Priyono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.