Penulis Utama : Agrina Dyah Cahyani
NIM / NIP : K4408056
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Latar belakang terbentuknya Liga Demokrasi, (2) Peranan dan perjuangan Liga Demokrasi pada masa Demokrasi Terpimpin, (3) Pertentangan Liga Demokrasi dengan Pemerintahan Soekarno.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode historis dengan langkah-langkah heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka, menggunakan sistem resume katalog. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis historis dengan melakukan kritik ekstern dan intern.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Latar belakang terbentuknya Liga Demokrasi adalah protes terhadap pembubaran DPR dengan strategi jangka panjang untuk melawan otoriter Soekarno. Menegakkan kembali demokrasi yang sehat, (2) Perjuangannya menolak kehadiran DPRGR dan anti komunis dengan mengadakan rapat-rapat, mengeluarkan selebaran-selebaran, mengirim utusan-utusan ke daerah-daerah juga berusaha merangkul tokoh politik dari partai-partai seperti NU dan PNI ke pihaknya bertujuan untuk memperoleh lebih banyak dukungan Angkatan Darat, (3) Pertentangan dengan Pemerintahan Sukarno yaitu asas dan tujuan Liga Demokrasi yang tidak sesuai. Pertama, mempunyai dasar yang tidak sesuai dengan Manifesto Politik yang telah dijadikan garis besar dari haluan negara. Kedua, untuk kepentingan pelaksanaan Manifesto yang telah menjadi garis-garis besar Haluan negara tersebut, termasuk di dalamnya antara lain program pemerintah di bidang pemulihan dan penyelenggaraan ketertiban umum. Maka organisasi Liga Demokrasi tersebut dibubarkan dan dilarang.
Kata Kunci : Demokrasi Terpimpin, liga demokrasi, politik.

×
Penulis Utama : Agrina Dyah Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4408056
Tahun : 2016
Judul : Perjuangan liga demokrasi menentang demokrasi terpimpin tahun 1960-1961
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4408056-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Yuniyanto, M. Hum
2. Musa Pelu, S. Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.