Penulis Utama : Agung Prabowo
NIM / NIP : K4612159
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola basket dengan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada siswa kelas X DKV (Desain Komunikasi Visual) SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 9 Surakarta yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 28 siswa putra dan 4 siswa putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan kelas ini prosentase untuk melihat kencenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola basket. Sesuai dengan silabus pembelajaran untuk SMK, materi permaian bola basket sudah pernah diajarkan di kelas tersebut namun masih terdapat kendala yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran permianan bola basket hal ini mengakibatkan hasil belajar permainan bola basket selama pembelajaran berlangsung masih menunjukan hasil yang kurang maksimal. Hasil analisis menunjukan bahwa melalui model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola basket dari pra siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar permainan bola basket pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 56,25% atau sebanyak 18 siswa dari 32 siswa. Peningkatan hasil belajar permainan bola basket juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 87,50 % atau sebanyak 28 siswa yang tergolong kriteria Tuntas dengan KKM 2,67 dan 4 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penerapan model cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola basket pada siswa kelas X DKV (Desain Komunikasi Visual) SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci : Hasil Belajar, Permainan Bola Basket, Model Pembelajaran cooperative Tipe Jigsaw

 

×
Penulis Utama : Agung Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612159
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan hasil belajar permainan bola basket melalui model pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada siswa kelas x dkv (desain komunikasi visual) smk negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612159-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Margono M,Kes
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.