Penulis Utama : Fatma Julita
NIM / NIP : M0111034
×

Penduga rasio eksponensial digunakan untuk menduga rata-rata populasi jika variabel bantu (??) berkorelasi positif dengan variabel yang diteliti (??). Nilai Rata-rata Kuadrat Sesatan (RKS) akan menjadi lebih kecil karena adanya penambahan informasi dari variabel bantu seperti koefisien variasi dan koefisien kurtosis sehingga meningkatkan efisiensi hasil estimasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan ulang RKS penduga rasio eksponensial menggunakan koefisien variasi dan koefisien kurtosis variabel bantu untuk rata-rata populasi dan membandingkan efisiensi kedua penduga rasio eksponensial tersebut. Penurunan ulang RKS penduga rasio eksponensial menggunakan metode deret Taylor. RKS digunakan untuk membandingkan efisiensi penduga rasio eksponensial menggunakan koefisien variasi dan koefisien kurtosis variabel bantu.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penduga rasio eksponensial menggunakan koefisien variasi lebih efisien dari penduga rasio eksponensial menggunakan koefisien kurtosis variabel bantu. Hasil pendugaan rata-rata populasi produksi padi di Pulau Jawa dengan menggunakan sampel ??=74 yang diambil secara acak stratfikasi sebesar 309605,3990 ton.
Kata Kunci: efisiensi, penduga rasio eksponensial, koefisien variasi, koefisien kurtosis, sampel acak stratifikasi.

 

×
Penulis Utama : Fatma Julita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0111034
Tahun : 2016
Judul : Perbandingan efisiensi penduga rasio eksponensial menggunakan koefisien variasi dan koefisien kurtosis variabel bantu pada pengambilan sampel acak stratifikasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Jur. Matematika-M.0111034-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Etik Zukhronah, M.Si
2. Bowo Winarno S.Si., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.