Penulis Utama : Izzaty Efta Sahida
NIM / NIP : F3313065
×

Direktorat Jenderal Pajak telah menggalakan pada tahun 2015 sebagai tahun pembinaan dengan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 91/PMK.03/2015 tentang Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi atas Keterlambatan Penyampaian Surat Pemberitahuan, Pembetulan Surat Pemberitahuan dan Keterlambatan Pembayaran atau Penyetoran Pajak.PMK 91 ini bertujuan untuk mendorong Wajib Pajak untuk melaporkan SPT, membayar dan menyetorkan pajak sesuai kewajibannya, dan melakukan pembetulan SPT. PMK 91 ini juga sebagai upaya dalam meningkatkan penerimaan dan membangun basis data yang kuat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Peraturan PMK 91 terhadap penerimaan pajak di Kanwil DJP Jateng II, dan untuk mengetahui efektivitas penerimaan pajak di tahun 2014-2015 di Kanwil DJP Jateng II.
Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Peraturan Menteri Keuangan Nomor 91/PMK.03/2015 mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap kenaikan penerimaan pajak di Kanwil DJP Jateng II, ini dilihat dari tingginya penerimaan PPh dikarenakan banyak masyarakat yang memanfaatkan peraturan tersebut. Penulis juga menarik kesimpulan bahwa efektivitas penerimaan pajak di Kanwil DJP Jateng II tahun 2014-2015 mengalami penurunan, yaitu di tahun 2015 realisasi tidak mencapai target yang ditentukan. Ini dikarenakan masih rendahnya tingkat penyerapan belanja pemerintah dan kondisi ekonomi yang sedang lesu. Untuk itu penulis mengajukan saran bagi Kanwil DJP Jateng II untuk melakukan intensifikasi pengawasan terhadap Wajib Pajak, melakukan penambahan Wajib Pajak, melakukan penyaderaan bagi Wajib Pajak yang tidak patuh, melakukan edukasi pajak, penyuluhan, serta memperbaiki kualitas pelayanan.
Kata Kunci : PMK 91, penerimaan pajak, efektivitas penerimaan pajak

 

×
Penulis Utama : Izzaty Efta Sahida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3313065
Tahun : 2016
Judul : Analisis pengaruh penerapan pmk 91 terhadap penerimaan pajak di kanwil djp jateng ii
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Akuntansi-F.3313065-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anas Wibawa S.E.,M.Si, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.