Penulis Utama : Winahyu Arif Wicaksono
NIM / NIP : K7112269
×

Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mendeskripsikan penerapan model berpikir induktif dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS. (2) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model berpikir induktif. (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model berpikir induktif dalam meningkatkan hasil belajar IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Pada tiap pertemuan menggunakan model PTK spiral yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 04 Ngringo. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara, dan observasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) penerapan model berpikir induktif berjalan dengan baik dengan langkah sebagai berikut: (1) mengamati dan mengidentifikasi media, (2) mengelompokan media gambar berdasarkan ciri yang sama, (3) menamai hasil klasifikasi sesuai persamaan ciri, (4) berdiskusi dengan bantuan LKS untuk memilih data yang dianggap penting, (5) berdiskusi mencari hubungan penting dari data yang diperoleh, (6) membuat simpulan sementara hasil diskusi, (7) mencari contoh relevan yang mendukung simpulan, (8) mempresentasi-kan hasil simpulan, dan (9) menguji kebenaran simpulan dari masing masing kelompok kemudian membuat simpulan umum. (2) Penerapan model berpikir induktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 04 Ngringo khususnya pada mata pelajaran IPS dengan materi jenis-jenis pekerjaan. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 65% namun pada siklus I persentase ketuntasan siswa menjadi 64%. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan siswa menjadi 83% dan pada siklus III persentase ketuntasan siswa menjadi 81%; (3) Kendala yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah siswa mengalami kesulitan dalam membuat kesimpulan, dan kesulitan membuat contoh relevan. Dari kendala tersebut maka diperoleh solusi guru membimbing secara khusus kelompok yang kesulitan membuat simpulan; dan meminta siswa mencari contoh relevan pada buku materi.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model berpikir induktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 04 Ngringo.
Kata kunci: Model Berpikir induktif, Hasil belajar, IPS SD

 

×
Penulis Utama : Winahyu Arif Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112269
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model berpikir induktif untuk meningkatkan hasil belajar ips tentang jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas iii sdn 04 Ngringo tahun ajaran 2015/ 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112269-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Imam Suyanto, M.Pd
2. Moh. Salimi M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.