Penulis Utama : Maria Adeliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9613022
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Pembelajaran Bahasa Tionghoa Program Pemula Kelas 7 Dan 8 Sebagai Mata Pelajaran Pokok Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Nasional Tiga Bahasa Smp Bina Widya Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya Prog. Diploma III Bahasa Mandarin - C9613022 - 2016
Subyek : EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA TIONGHOA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BINA WIDYA SOLO
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Tionghoa Program Pemula Kelas 7 dan 8 sebagai Mata Pelajaran Pokok dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Nasional Tiga Bahasa SMP Bina Widya Solo. Program Diploma III Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kondisi PBM bahasa Tionghoa? ; (2) Bagaimana minat siswa terhadap pelajaran bahasa Tionghoa? ; (3) Apa saja kesulitan yang dialami oleh siswa saat menerima materi pelajaran? ; (4) Apa saja cara yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran? ; (5) Bagaimana capaian hasil prestasi dan kemampuan bahasa Tionghoa siswa?
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kondisi PBM bahasa Tionghoa; (2) Mengetahui minat siswa terhadap pelajaran bahasa Tionghoa; (3) Mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa saat menerima materi pelajaran; (4) Menemukan cara untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran; (5) Mendeskripsikan capaian hasil prestasi dan kemampuan bahasa Tionghoa siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi langsung, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian di kelas 7 dan 8 ini, penulis menyimpulkan bahwa pemakaian metode evaluasi pembelajaran dapat diterapkan untuk mengetahui kondisi Proses Belajar Mengajar bahasa Tionghoa di level pemula Sekolah Nasional Tiga Bahasa Sekolah Menengah Pertama Bina Widya Solo. Berdasarkanobservasilangsung, kemampuan siswa kelas 7 dan 8 dalam mempelajari bahasa Tionghoa sudah baik. Hal itu dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa sebagai alat evaluasi pembelajaran. Saran penulis adanya pembelajaran bahasa Tionghoa untuk kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah Pertama Bina Widya perlu lebih kompleks untuk meningkatkan rasa keingintahuan, ketertarikan, dan kemampuan siswa di level pemula ini. Siswa harus banyak menggunakan bahasa Tionghoa dalam berbicara, menulis, membaca teks, dan mendengarkan rekaman.

Kata - kunci : Evaluasi Pembelajaran Bahasa Tionghoa Sekolah Menengah Pertama Bina Widya Solo.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc1.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Stephanie Phanata, B.Ed, MTCSOL.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya