Penulis Utama : Maria Leswinda Wulan
NIM / NIP : K2209057
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) kebiasaan menonton film animasi berbahasa inggris dan kemampuan menulis bahasa Inggris; (2) penguasaan kosakata bahasa Inggris dan kemampuan menulis bahasa Inggris; dan (3) kebiasaan menonton film animasi berbahasa Inggris, penguasaan kosakata bahsa Inggris, terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris; dan untuk memprediksi kontribusi kebiasaan menonton film animasi berbahasa Inggris,penguasaan kosakata bahasa Inggris, dan terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa.
Penelitian ini menggunakan metode korelasi dan telah dilaksanakan pada bulan Mei di SMA Negeri 4 Surakarta. Kelas sebelas terdiri dari 10 kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas SMA Negeri 6 Surakarta berjumlah 320 orang siswa.Sampel penelitian ini berjumlah 31 orang siswa yang diambil menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Kuesioner digunkan untuk mengumpulkan data kebiasaan menonton film animasi berbahasa inggris dan tes digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata bahasa inggris dan kemampuan menulis bahasa Inggris. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalahSimple Correlation and Multiple Regression Correlation.
Analisis data menunjukkan pada level signifikansi α = 0.05, terdapat korelasi positif antara (1) kebiasaan menonton film animasi berbahasa Inggris dan kemampuan menulis bahasa Inggris(rx1y = 0.4935, to = 3.0556>tt = 1.7); (2) penguasaan kosakata bahasa inggris dan kemampuan menulis bahasa Inggris (rx2y = 0.5067, to = 3.1647>tt = 1.7); (3) kebiasaan menonton film animasi berbahasa Inggris,penguasaan kosakata bahasa Inggris dan terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa (Ry12 = 0.0.7370 and Fo = 16.65 > Ft = 3.34).
Dari hasil penelitian diketahui bahwa kebiasaan menonton film animasi berbahasa inggris dan penguasaan kosa kata bahasa inggris sangatlah penting dalam memberikan kontribusi dalam kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Kebiasaan menonton film animasi berbahasa inggris memberikan 24.35% kontribusi pada kemampuan menulis bahasa inggris siswa dan penguasaan kosa kata bahasa inggris memberikan kontribusi 25.67% pada kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Kebiasaan menonton film animasi berbahasa Inggris dan penguasaan kosa kata bahasa inggris memberikan kontribusi 74% terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini, kebiasaan menonton film animasi berbahasa Inggris dan penguasaan kosa kata bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa.


Kata - kunci : Kebiasaan menonton film animasi berbahasa Inggris, penguasaan kosakata bahasa Inggris, kemampuan menulis bahasa Inggris

×
Penulis Utama : Maria Leswinda Wulan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2209057
Tahun : 2016
Judul : A Correlational Study On Habit In Watching Animation Movies, Vocabulary Mastery, And Writing Skill Of The Second Grade Students Of Sma Negeri 4 Surakarta In The Academic Year 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Jur. Pendidikan Bahasa Inggris - K2209057 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suparno, M.Pd.
2. Teguh Serosa, SS, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.