Penulis Utama : Ifa Meisari
NIM / NIP : K6412033
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajarn Topical Review terhadap kemampuan berpikir kreatif kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 (studi pada KD: mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga Negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat).
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design penelitian true experimental design dengan model posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling, terpilih dua kelompok sampel yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, observasi, dan tes subjektif. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data kuantitatif dengan analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen adalah 83,595 dan kelas kontrol 71,875. Hasil uji t menunjukkan bahwa uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel atau 5,111 > 1,992 sehingga H0 ditolah dan Ha diterima berarti kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Topical Review lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Topical Review terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta (studi pada: kompetensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga Negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan rerata kelas eksperimen model pembelajaran Topical Review lebih besar dari kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Topical Review, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.

 

×
Penulis Utama : Ifa Meisari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412033
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh model pembelajaran topical review terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas viii di sekolah menengah pertama negeri 8 Surakarta (Studi Pada KD: Mendeskripsikan Sistem Pemerintahan Indonesia dan Peran Lembaga Negara sebagai Kedaulatan Rakyat)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412033-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S,Pd., M.Si
2. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd,. M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.