Penulis Utama : Mohd. Norma Sampoerno
NIM / NIP : S841502010
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur antropologi sastra yang digunakan dalam Pantun Adat Jambi meliputi, kompleksitas ide, kompleksitas aktivitas, dan kompleksitas hasil budaya; (2) nilai pendidikan karakter religius yang terkandung di dalam Pantun Adat Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Data dalam penelitian ini berupa hasil telaah buku teks pantun Adat Jambi. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa buku teks pantun Adat Jambi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah informan berupa ketua adat Jambi, guru, siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara mendalam kepada informan. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Kompleksitas ide meliputi hakikat hidup, manusia dalam ruang dan waktu, karya manusia, pandangan manusia terhadap alam semesta, hubungan antara manusia dengan sesamanya. 2) Kompleksitas aktivitas meliputi kekerabatan, estetika, religi, politik. 3) Kompleksitas hasil budaya meliputi bahasa, sistem pengetahuan, sistem peralatan hidup teknologi, sistem mata pencaharian hidup, organisasi sosial, sistem religi, kesenian. 4) nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam pantun Adat Jambi yakni nilai religius. 5) Relevansi unsur-unsur budaya dan nilai pendidikan karakter dengan pembelajaran sastra di SMP serta dari segi isi pantun adat Jambi relevan dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMP. Tidak hanya segi isi yang terkandung di dalamnya saja, akan tetapi pantun adat Jambi juga memliki relevansi dari segi bahasa. bahasa yang digunakan atau dipakai dalam pantun adat Jambi ialah bahasa yang mudah dipahami siswa karena menggunakan bahasa sehari-hari, jika pun terdapat istilah khusus yang menggunakan bahasa daerah Jambi, maka di dalam pantun adat Jambi terdapat penjelasan maksud dari bahasa yang sulit dimengerti.


Kata kunci : pantun adat Jambi, nilai pendidikan, pembelajaran sastra, antropologi sastra

×
Penulis Utama : Mohd. Norma Sampoerno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841502010
Tahun : 2016
Judul : Kajian Antropologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Religius Dalam Pantun Adat Jambi Serta Relevansi Dengan Pembelajaran Sastra Di Smp
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia - S841502010 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S
2. Dr. Suyitno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.