Penulis Utama : Muallif Nur Azzuhry
NIM / NIP : F3613042
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui prosedur polis asuransi sebagai jaminan kredit pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta. (2) Untuk mengetahui apa tindakan yang dilakukan oleh PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta apabila ada nasabah yang bermasalah dengan ansuran kreditnya.
Dalam penulisan tugas akhir ini penulis melakukan pengamatan langsung pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Surakarta yang beralamatkan di Jl. Slamet Riyadi no.538, Laweyan, Surakarta. Dalam pengumpulan data dilakukan pada saat magang berlangsung. Data diperoleh dengan cara observasi secara langsung, wawancara kepada kepala seksi keuangan dan umum, unit pertanggungan, dan customer service. Selain data yang diperoleh dari PT. Asuransi Jiwasraya Kantor Cabang Surakarta dan beberapa pegawai, penulis juga mencari refrensi buku di perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prosedur polis asuransi sebagai jaminan kredit pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta memiliki tiga tahapan, yaitu : (a) permohonan kredit, (b) analisis dan keputusan kredit, (c) pencairan kredit. (2) Upaya yang dilakukan oleh PT. Asuransi Jiwasraya cabang Surakarta apabila ada nasabah yang bermasalah dengan angsuran kreditnya atau apabila pemegang polis tidak dapat mengembalikan pinjamannya pada jangka waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian adalah dengan jalan memperhitungkan atau mengurangi jumlah uang asuransi yang akan diterima oleh si pemegang polis pada saat polisnya jatuh tempo dengan sisa pinjaman ditambah bunga-bunga yang belum terbayar. Apabila ada sisa uang asuransi setelah dikurangi pemotongan-pemotongan tersebut, maka akan dikembalikan kepada si pemegang polis.


Kata Kunci : Asuransi, Polis Asuransi, Jaminan Kredit, PT. Asuransi Jiwasraya Kantor Cabang Surakarta.

×
Penulis Utama : Muallif Nur Azzuhry
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3613042
Tahun : 2016
Judul : Prosedur Polis Asuransi Sebagai Jaminan Kredit Pada Pt. Asuransi Jiwasraya (Persero) Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. Diploma III Keuangan dan Perbankan - F3613042 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kresno Sarosa Pribadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.