Penulis Utama : Muchklisatun Khasanah
NIM / NIP : K2310063
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efekktivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS6 melalui model pembelajran CTL ditinjau dari aspek kognitif siswa pada pembelajaran IPA materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 18 Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan jenis penelitiasn kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B danVIII-C SMP N 18 SURAKARTA Tahun Ajaran 2014/2015 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif menggunakan Uji-t pihak kanan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunanan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Profesional CS6 lebih efektif dari media berbasis SwishMax 4 melalui pembelajaran CTL pada materi Cahaya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan uji-t pihak kanan diperoleh thitung = 1,8341> ttabel =1,645. Selain itu, hasil rerata nilai posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 78,78 lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu sebesar 75,33.


Kata Kunci : Efektivitas, Adobe Flash Profesional CS6, media pembelajaran

×
Penulis Utama : Muchklisatun Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310063
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Penggunaan Media Pembelajara Berbasis Adobe Flash Professional Cs 6 Melalui Model Ctl Pada Pembelajaran Ipa Materi Cahaya Untuk Siswa Kelas Viii Smp N 18 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika - K2310063 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.