Penulis Utama : Dwi Miatun Lestarini
NIM / NIP : K5112022
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar kelas I di SD Al Firdaus Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe One Group Pretest-Posttest Design, yakni sekelompok subjek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa berkesulitan belajar kelas I di SD Al Firdaus Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, tes yang digunakan yaitu tes praktik untuk mengukur kemampuan membaca permulaan. Instrumen tes diuji dengan validitas isi dan reliabilitas antar penilai. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Ranking Bertanda Wilcoxon) dengan bantuan SPSS versi 23.
Dari hasil analisis deskriptif dapat diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar 85 dari nilai rata-rata pretest 50. Hasil analisis non-parametrik diperoleh nilai Z= -2,060 dengan P = 0,039. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Penggunaan metode jolly phonics berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar kelas I di SD Al Firdaus Surakarta tahun ajaran 2015/2016” dapat diterima kebenarannya. Kesimpulan menyatakan bahwa penggunaan metode jolly phonics berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar kelas I di SD Al Firdaus Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Metode Jolly Phonics, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Berkesulitan Belajar

 

×
Penulis Utama : Dwi Miatun Lestarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112022
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh penggunaan metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar kelas i di sd Al Firdaus Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Erma Kumala Sari, S.Psi, M.Psi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.