Penulis Utama : Luthfi Nubli Fauzan
NIM / NIP : K4612089
×

Tujuan Penelitian ini adalah untum meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bola basket menggunkan media audio visual pada siswa kelas XI AKUNTANSI 1 SMK Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI AKUNTANSI 1 SMK Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 31 siswa putri dan 2 siswa putra. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan kelas ini prosentase untuk melihat kencenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Sesuai dengan silabus pembelajaran untuk SMK, materi permaian bola basket sudah pernah diajarkan di kelas tersebut namun masih terdapat kendala yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran permianan bola basket hal ini mengakibatkan hasil belajar keteranpilan bermain bola basket selama pembelajaran berlangsung masih menunjukan hasil yang kurang maksimal. Hasil analisis menunjukan bahwa melalui media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bola basket dari pra siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar keterampilan bermain bola basket pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 54,55% atau sebanyak 18 siswa dari 33 siswa. Peningkatan hasil belajar ketermpiln bermian bola basket juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 87,88% atau sebanyak 29 siswa yang tergolong kriteria Tuntas dengan KKM 2,67 dan 4 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bola basket pada siswa kelas XI AKUNTNSI 1 SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Bermain Bola Basket, Media Pembelajaran audio visual.

 

×
Penulis Utama : Luthfi Nubli Fauzan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612089
Tahun : 2016
Judul : Upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bola basket menggunakan media audio visual pada siswa kelas xi akuntasi 1 smk negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612089-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo, S.Pd., M.Or.
2. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.