Penulis Utama : Ani Istiningsih
NIM / NIP : K7112506
×

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) menerapkan langkah-langkah model research based learning dan pendekatan saintifik, (2) membuktikan bahwa penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, 3) membuktikan bahwa penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 4) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri I Tambakagung tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Tambakagung yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, observer, dan dokumen. Teknik pengumpulan data terdiri dari nontes dan tes, teknik nontes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan strategi triangulasi sumber dan teknik. Analisis data terdiri dari analisis kuantitatif dan kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah (1) langkah(1) langkah (1) langkah(1) langkah(1) langkah-langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan langkah penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik yaitu: a) pengenalan dan pemberian referensi (mengamati, menanya); b) tindakan pengamatan (mengamati, menanya mencoba); c) diskusi (menalar); d) presentasi dan laporan akhir (mengkomunikasikan). Hasil observasi penerapan langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model langkah penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik terhadap guru pada siklus I-III yaitu 80%, 86,12% dan 93,87%, (2) penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pada siklus I 71,12%, siklus II 80,75% , siklus III 88,87% (3) penerapan mo penerapan mo penerapan mo penerapan mopenerapan mopenerapan mopenerapan mopenerapan mo del del del research based learning dan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belaja, pada siklus I mencapai 72,72%, siklus II meningkat menjadi 84,09%, dan siklus III meningkat lagi menjadi 93,18% (4) kendala yang muncul dalam penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik yaitu: 1) saat pengamatan dan diskusi siswa masih memerlukan waktu yang lama, 2) guru belum optimal dalam mengaktifkan semua siswa. Solusi dari kendala tersebut adalah 1) guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan agar dapat menyelesaikan pengamatan dan diskusi tepat waktu, 2) guru memotivasi siswa agar lebih aktif saat pembelajaran.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri I Tambakagung tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Kata kunci: Kata kunci: Research Based Learning, Pendekatan SPendekatan SPendekatan S Pendekatan S Pendekatan S Pendekatan S aintifik, IPSaintifik, IPS aintifik, IPS aintifik, IPSaintifik, IPSaintifik, IPS SD

 

×
Penulis Utama : Ani Istiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112506
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model research based learning dan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar ips pada siswa kelas iv sd negeri 1 Tambakagung tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112506-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.