Penulis Utama : Intan Rhema D.p
NIM / NIP : F0312065
×

Peringkat obligasi merupakan alat untuk mengukur skala risiko gagal bayar suatu emiten. Risiko gagal bayar merupakan kemungkinan bahwa suatu emiten tidak dapat memenuhi kewajiban keuangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat obligasi suatu perusahaan. Faktor-faktor yang diteliti terdiri dari faktor akuntansi yang meliputi profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan serta faktor non akuntansi yang terdiri dari umur obligasi dan reputasi auditor.
Penelitian ini merupakan pengujian hipotesis dengan jumlah sampel sebanyak 170 obligasi yang diperingkat oleh PT. PEFINDO dan Fitch Ratings Indonesia yang diterbitkan oleh perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia , PT. PEFINDO dan Fitch Ratings Indonesia. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik ordinal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh sampel yang diuji secara umum mampu untuk dijadikan alat untuk memprediksi peringkat obligasi. Namun hanya beberapa variabel saja yang berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi yaitu profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan, umur obligasi.
Kata kunci : obligasi, peringkat obligasi, faktor akuntansi, faktor non- akuntansi.

 

×
Penulis Utama : Intan Rhema D.p
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0312065
Tahun : 2016
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F.0312065-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hanggana, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.