Penulis Utama : Merri Rochayati
NIM / NIP : D1513064
×

Otoritas Jasa Keuangan Solo merupakan Kantor Wilayah yang berada di Kantor Regional IV Semarang, Otoritas Jasa Keuangan memiliki tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Dalam melindungi kepentingan masyarakat dan konsumen Otoritas Jasa Keuangan memberikan layanan konsumen agar masyarakat dapat melakukan pengaduan apabila ada masalah dengan sektor jasa keuangan. Pada dasarnya semua masalah yang terkait dengan sektor jasa keuangan yang berada dibawah kewenangan OJK dapat melakukan pengaduan ke OJK. Salah satu penyebab pengaduan kredit bermasalah adalah kelalain Bank dalam melaksanakan perjanjian kredit yang telah disepakati dengan nasabah, dan hal tersebut menimbulkan kerugian finansial yang dialami oleh nasabah, sehingga nasabah melakukan pengaduan ke Otoritas Jasa Keuangan. 

Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai prosedur penanganan pengaduan kredit bermasalah di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo. Pengamatan ini dilakukan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip. Wawancara dilakukan dengan seseorang yang dianggap berkompeten dengan bidang yang diteliti.
Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa prosedur penanganan pengaduan kredit bermasalah di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo sudah dilaksanakan dengan baik. Prosedur penanganan pengaduan kredit bermasalah di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo dimulai dari penyampaian pengaduan, proses fasilitasi, sampai dengan pengaduan selesai dan menemukan kesepakatan. Saran yang diberikan penulis dalam prosedur penanganan pengaduan kredit bermasalah adalah adanya panduan secara tertulis yang dapat dilihat apabila konsumen datang ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo.  

Kata kunci : Prosedur, Pengaduan, Kredit Bermasalah 

×
Penulis Utama : Merri Rochayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513064
Tahun : 2016
Judul : Prosedur penanganan pengaduan kredit bermasalah di kantor otoritas jasa keuangan (ojk) Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1513064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.