Penulis Utama : Nur Azizah
NIM / NIP : K7112171
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Open Ended Learning dengan media muatan, (2) meningkatkan kemandirian dan hasil belajar Matematika tentang bilangan bulat melalui penerapan Open Ended Learning dengan media muatan di kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan solusinya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari 5 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Sumber data meliputi guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Open Ended Learning dengan media muatan dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientasi, (b) penyajian masalah terbuka, (c) pengerjaan masalah terbuka secara individu dengan media muatan, (d) diskusi kelompok tentang masalah terbuka dengan media muatan, (e) presentasi hasil diskusi kelompok, dan (f) penutup; (2) penerapan model Open Ended Learning dengan media muatan dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar Matematika tentang bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016. Terbukti dari kemandirian belajar siswa siklus I = 61%, siklus II = 73,27%, dan siklus III = 81,21%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I = 67,17%, siklus II = 84,37%, dan siklus III = 90,62%; (3) kendala yang ditemui dalam pembelajaran yaitu: (a) penjelasan guru terlalu sedikit pada masalah terbuka; (b) siswa kurang percaya diri dalam mengerjakan soal; (c) suasana kelas kurang kondusif dan siswa pasif saat presentasi serta membuat kesimpulan. Solusinya yaitu: (a) peneliti melakukan koordinasi tentang teknisi pembelajaran dengan guru kelas; (b) guru mengadakan pembimbingan yang lebih intensif; (c) guru memperingatkan siswa yang ribut dan memotivasi siswa yang pasif.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Open Ended Learning dengan media muatan dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar Matematika tentang bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Open Ended Learning, media muatan, kemandirian, matematika

 

×
Penulis Utama : Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112171
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika tentang bilangan bulat melalui model open ended learning dengan media muatan di kelas iv sd negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112171-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd
2. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.