Penulis Utama : Arum Kustiyahati
NIM / NIP : K3110009
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan belajar IPA melalui pelatihan penerapan gaya belajar visual. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen nonequivalent control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu 40 siswa memiliki skor keterampilan belajar rendah, terbagi menjadi 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket keterampilan belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan uji beda teknik non-parametrik melalui aplikasi SPSS Statistics 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan belajar kelompok eksperimen mengalami kenaikan yang ditunjukkan dari mean sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) sebesar 81,65 sedangkan mean setelah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 91,75 mengalami peningkatan sebesar 10.10 poin atau 12,37 %. Hal ini diperkuat dengan perolehan Z dari uji two related samples test sebesar -3,175 dengan signifikansi sebesar 0,002. Nilai signifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan penerapan gaya belajar visual efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Ngadiluwih Kediri.
Kata kunci : Gaya Belajar, Keterampilan Belajar, Pelatihan

 

×
Penulis Utama : Arum Kustiyahati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110009
Tahun : 2016
Judul : Pelatihan penerapan gaya belajar visual untuk meningkatkan keterampilan belajar ipa siswa smp negeri 2 Ngadiluwih Kediri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K.3110009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.