Penulis Utama : Dwi Anjani
NIM / NIP : K7112067
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah penerapan model take and give dengan media grafis, (2) meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model take and give dengan media grafis, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model take and give dengan media grafis dalam peningkatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 1 Tambakagung tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Tambakagung tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Langkah penerapan model take and give dengan media grafis yang tepat yaitu: (a) menyiapkan materi dan media grafis, (b) menjelaskan materi menggunakan media grafis, (c) tanya jawab, (d) siswa mencari pasangan, (e) siswa mencari pasangan lebih banyak, (f) modifikasi strategi, (g) evaluasi, (h) penguatan, (i) kesimpulan, (2) Penerapan model take and give dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 1 Tambakagung tahun ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar, yaitu siklus I 63,3%, siklus II 75%, dan siklus III 88,3%, (3) Kendala yang dihadapi antara lain: (a) pada siklus I guru kurang menguasai langkah model take and give dengan media grafis, (b) siswa bermain sendiri dan berbicara dengan teman, (c) siswa menyampaikan materi kurang tepat. Solusi yang diberikan yaitu: (a) memberi arahan kepada guru mengenai langkah model take and give dengan media grafis; (b) memberi nasihat kepada siswa; (c) memberi penekanan materi yang penting.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model take and give dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 1 Tambakagung tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: model take and give, media grafis, pembelajaran IPS

 

×
Penulis Utama : Dwi Anjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112067
Tahun : 2016
Judul : Model take and give dengan media grafis dalam peningkatan pembelajaran ips tentang persiapan kemerdekaan indonesia pada siswa kelas v sdn 1 Tambakagung tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112067-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd.
2. Drs. Suripto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.