Penulis Utama : Nadine Shakina Tabit
NIM / NIP : S591108006
×

Latar Belakang. Penyakit kritis dan trauma pada anak mengalami peningkatan setiap tahunnya. Anak dengan penyakit kritis umumnya terindikasi untuk mendapatkan transfusi darah dengan berbagai alasan. Reaksi transfusi yang paling berbahaya dan menyebabkan kematian bagi  adalah transfusion-related acute lung injury (TRALI). parameter yang baik untuk mengetahui tingkat perburukan oksigenasi AaDO2 dan rasio PaO2/FiO2.
Tujuan. Menganalisis perbedaan AaDO2  dan rasio PaO2 /FiO2 antara sebelum dan sesudah transfusi sel darah merah pada anak dengan penyakit kritis. Mengetahui insidensi perburukan oksigenasi
Metode. Penelitian yang bersifat observasional before and after yang dilakukan bulan Maret– September 2015. Subyek penelitian sebanyak 30 diambil secara konsekutif. Data yang didapatkan dianalisis dengan program SPSS 17.0. Hasil perbedaan AaDO2  dan rasio PaO2 /FiO2 dianalisis dengan uji t-berpasangan.
Hasil. Didapatkan perbedaan bermakna rasio PaO2/FiO2 sebelum dan sesudah pemberian transfusi sel darah merah (p<0,01). Didapatkan perbedaan bermakna AaDO2 sebelum dan sesudah pemberian transfusi sel darah merah (p<0,04). Insidensi perburukan oksigenasi dengan parameter rasio PaO2/FiO2 sebesar 83,3% sedangkan menggunakan parameter AaDO2 sebanyak 90%.
Kesimpulan. Terdapat pengaruh trasfusi sel darah merah dengan AaDO2 .

Kata kunci : transfusi sel darah merah, AaDO2, rasio PaO2 /FiO2

×
Penulis Utama : Nadine Shakina Tabit
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S591108006
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh transfusi sel darah merah terhadap alveolar arterial oxygen tension difference (aado2) pada anak dengan penyakit kritis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : PPDS Ilmu Kesehatan Anak
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.591108006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Harsono Salimo, SpA(K)
2. Dr.Pudjiastuti, SpA(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.