Penulis Utama : Nuzul Widyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh tingkat protein dalam ransum yang disuplementasi dengan probiotik terhadap performan produksi ayam petelur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0599061-2004
Subyek : PROTEIN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan dengan tingkat protein yang berbeda, yang disuplementasi dengan probiotik terhadap konsumsi pakan, konsumsi protein, produksi telur (HDA), berat telur, dan konversi pakan pada 120 ekor ayam petelur betina strain Isa Brown berumur 50 minggu. Penelitian berlangsung selama 84 hari dari November 2003 hingga Februari 2004 di peternakan ayam petelur “Mawar Mekar Farm” Karanganyar.

Pakan diberikan dalam bentuk crumble dan air minum diberikan secara ad libitum. Data diambil setiap hari selama penelitian dan data yang diperoleh dianalisis dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah yang terdiri dari lima tingkat perlakuan dan empat kelompok ulangan, setiap kelompok terdiri dari enam ekor ayam.

Perlakuan yang diberikan adalah pemberian pakan dengan tingkat protein kasar 17% sebagai kontrol (P0), pakan dengan tingkat protein kasar 16,5% (P1); 16% (P2); 15,5% (P3) dan 15% (P4) masing-masing diberi suplementasi probiotik 1,25 ml/Kg Pakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pakan antar perlakuan berbeda tidak nyata, yang berkisar antara 91,66 – 105,72 gram/ekor/hari. Perlakuan P0 hingga P4 dengan tingkat protein yang berbeda dan disuplementasi probiotik 1,25 ml/kg pakan, menghasilkan nilai konsumsi pakan yang berbeda tidak nyata. Kondisi ini menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan pakan meningkat pada tingkat protein yang diturunkan. Konsumsi protein antar pelakuan ada yang menunjukkan berbeda sangat nyata, hal ini menunjukkan bahwa probiotik mampu meningkatkan efisiensi penggunaan protein. Produksi telur berkisar antara 70,35 – 78,33%. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa antar perlakuan memiliki produksi yang berbeda tidak nyata. Perlakuan yang diberikan ternyata juga memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap berat telur yang dihasilkan, dengan nilai yang berkisar antara 60,57 – 62,42 g/butir. Konversi pakan antar perlakuan juga berbeda tidak nyata dengan nilai yang berkisar antara 2,22 – 2,41.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pakan dengan level protein kasar 15% dan disertai suplementasi probiotik 1,25 ml/kg pakan sudah dapat menunjang kebutuhan ayam untuk produksi yang baik.

Kata kunci: ayam petelur, level protein, probiotik, performan produksi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Susi Dwi Widyawati, M. S
2. Ir. Eka Handayanta, M. P
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian