Penulis Utama : Nurlaelly Nugrah Erni
NIM / NIP : K7112534
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan SAVI dengan media pianika, (2) meningkatkan hasil belajar musik siswa kelas IV, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari dua pertemuan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari yang berjumlah 22 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, teman sejawat, peneliti dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) dengan media pianika terdiri dari empat langkah yaitu (a) Somatic, keterampilan guru mengaktifkan fisik siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media pianika; (b) Auditory, kemampuan guru untuk membuat indra pendengaran siswa menjadi aktif dengan menggunakan media pianika; (c) Visual, kemampuan guru untuk mengaktifkan indra penglihatan siswa untuk menanggapi apa yang dilihat dengan media pianika; dan (d) Intellectual, kemampuan guru menciptakan suasana yang mendukung siswa berpikir dalam memecahkan masalah dengan media pianika, (2) penerapan pendekatan SAVI dengan media pianika dapat meningkatkan hasil belajar SBK materi alat musik melodis pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan perolehan hasil pada siklus I mencapai 61,36%, siklus II meningkat menjadi 81,82% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 90% dan telah mencapai indikator kinerja yang ditargetkan yakni 85%, (3) kendala pelaksanaan yaitu beberapa siswa kurang lincah dalam memainkan tuts pianika dan solusi terhadap kendala tersebut adalah guru menyanyikan not lagu dan siswa mendengarkan serta menekan tuts pada pianika sesuai not yang dinyanyikan guru.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dengan media pianika dapat meningkatkan hasil belajar SBK materi alat musik melodis pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: pendekatan SAVI, pianika, hasil belajar musik

 

×
Penulis Utama : Nurlaelly Nugrah Erni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112534
Tahun : 2016
Judul : Penerapan pendekatan somatic, auditory, visual, intellectual (savi) dengan media pianika dalam peningkatan hasil belajar sbk materi alat musik melodis pada siswa kelas iv sd negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112534-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kartika Chrysti S, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.