Penulis Utama : Siti Nur Azizah
NIM / NIP : K7112545
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model CIRC dengan media ular tangga dalam peningkatan penyelesaian soal cerita, (2) meningkatkan penyelesaian soal cerita tentang pecahan melalui penerapan model CIRC dengan media ular tangga, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model CIRC dengan media ular tangga dalam peningkatan penyelesaian soal cerita pada siswa kelas V SDN 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskripsi kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model CIRC dengan media ular dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientasi; (b) organisasi ; (c) pengenalan konsep; (d) publikasi; (e) penguatan dan refleksi;(2) penerapan model CIRC dengan media ular dapat meningkatkan penyelesaian soal cerita pada siswa kelas V SDN 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016. Peningkatan penyelesaian soal cerita pada siklus I mencapai 55,48%, pada siklus II meningkat menjadi 72,73% dan pada siklus III meningkat menjadi 92,81%; (3) kendala yang muncul dalam penerapan model CIRC dengan media ular yaitu: pembagian tugas dalam diskusi kurang merata; publikasi hanya disampaikan secara lisan; siswa malu-malu dalam menyampaikan pendapat dan menanggapi presentasi kelompok lain, dan pemanfaatan waktu melebihi alokasi waktu yang disediakan. Solusi dari kendala tersebut yaitu: guru membimbing pembagian tugas dalam kelompok diskusi; guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuliskan jawaban kelompok di papan tulis; guru memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa agar tidak malu-malu dalam menyampaikan pendapat dan menanggapi presentasi kelompok lain, dan guru menyesuaikan pelaksanaan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CIRC dengan media ular dapat meningkatkan penyelesaian soal cerita pada siswa kelas V SDN 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci:CIRC, Media Ular Tangga, Soal Cerita Matematika

 

×
Penulis Utama : Siti Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112545
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model circ dengan media ular tangga dalam peningkatan penyelesaian soal cerita pada siswa kelas v sdn 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112545-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.