Penulis Utama : Tina Pratitis
NIM / NIP : R0313051
×

Latar Belakang : Angka kesakitan DBD tahun 2014 di Indonesia tercatat 71.668 orang dan 0,89 % diantaranya meninggal dunia. Di RSUD Sukoharjo balita yang mengalami DBD sebanyak 73 kasus sekitar 0.87 % dari jumlah kasus balita sakit.
Tujuan : Untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan bayi balita sakit pada kasus DBD derajat III di RSUD Sukoharjo secara komprehensif. 
Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian An. A dengan DBD derajat III bertempat di RSUD Sukoharjo. Pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumentasi rekam medik. Analisis data secara deskriptif berdasar 7 langkah Varney. 
Hasil : An. A dengan DBD derajat III dengan observasi demam hari ke III dan trombositopenia. Jumlah trombosit 63 ribu/uL. Dilakukan observasi tanda-tanda vital, infus, antipiretik, antibiotik, antimual, puyer batuk, dan pemeriksaan darah rutin. Setelah perawatan selama 4 hari kondisi pasien membaik, nafsu makan dan minum meningkat serta jumlah trombosit mendekati normal 89 ribu/uL. Kesenjangan terjadi pada dasar pengambilan diagnosa.
Simpulan : Asuhan dilakukan secara komprehensif sehingga kesenjangan yang terjadi tidak menimbulkan masalah dan komplikasi bagi pasien. 
Kata kunci : asuhan kebidanan balita sakit, demam berdarah dengue (DBD)
 

×
Penulis Utama : Tina Pratitis
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0313051
Tahun : 2016
Judul : Asuhan kebidanan bayi balita sakit an. a umur 3 tahun dengan demam berdarah dengue derajat iii di rsud Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-3 Kebidanan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D III Kebidanan-R.0313051-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M Nur Dewi Kartikasari, SST., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.