Penulis Utama : Pramita Sandy Ulya Imannura
NIM / NIP : S021408046
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Kecemasan dan Stres yang berlebihan pada saat hamil dapat mengakibatkan resiko kemungkinan anak yang dilahirkan dengan berat badan lahir rendah (BBLR), Ukuran kepalanya kecil, rendahnya apgar skor bayi saat lahir, perkembangan sarafnya tidak seimbang, lahir prematur, melemahnya sistem kekebalan tubuh bayi serta gangguan emosi setelah kelahiran menjadi lebih tinggi dibanding ibu yang menjalani kehamilan dengan hati dan perasaan yang penuh kebahagiaan (Rondo, etal, 2003). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh hypnobirthing untuk menurunkan tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode Randomized Control Trial (RCT) Completely random design, sempel tediri dari kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebanyak 30 subjek. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Mann Whitney.

Hasil : Hypnobirthing dapat menurunkan kecemasan menghadapi persalinan lebih rendah 41,33 poin dan secara statistik bermakna (p=0.003). Sedangkan yang tidak hypnobirthing dalam menurunkan kecemasan menghadapi persalinan 51,60 poin dan secara statistik  bermakna (p=0.003). Ada perbedaan efektivitas  antara hypnobirthing dan tidak hypnobirthing.

Kesimpulan : Hypnobirthing efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan dengan 2 kelompok antara kelompok hypnobirthing dan kelompok kontrol. Rata - rata tingkat kecemasan wanita hamil yang mendapatkan kelas hypnobirthing lebih rendah daripada yang tidak diberikan kelas hypnobirthing (hypnobirthing mean: 41,33; SD: 12,216; P: 0,003; tidak hypnobirthing mean: 51,60; SD:10,602)

Kata Kunci : Hypnobirthing,Kecemasan

×
Penulis Utama : Pramita Sandy Ulya Imannura
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021408046
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Hypnobirthing Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Jur. Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021408046 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Uki Retno Budhiastuti, dr., Sp. OG (K)
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.