Penulis Utama : Moch Delfahmi R
NIM / NIP : I8213019
×

Jalan sebagai prasarana transportasi merupakan kebutuhan yang amat penting bagi manusia. Jalan Letjend Suprapto merupakan jalan yang memiliki arus lalu lintas tinggi. Terdapatnya Tugas Akhir ini bertujuan melakukan analisis kinerja simpang tidak bersinyal Jalan Letjend Suprapto Jalan Kahuripan, melakukan perbaikan, menghitung Rencana Anggaran Biaya serta time schedule.
Metode Tugas Akhir ini dilakukan dengan melakukan survei di lapangan pada ruas Jalan Letjend Suprapto Jalan Kahuripan untuk mendapatakan data primer, melakukan pengukuran langsung dan mengumpulkan data sekunder dari beberapa instansi. Data tersebut antara lain volume lalu lintas, geometri dan harga satuan yang kemudian diolah dengan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan program Microsoft Excel 2016.
Beberapa indikator hasil analisa pada simpang tidak bersinyal Jalan Letjend Suprapto Jalan Kahuripan yaitu derajat kejenuhan, peluang antrian, tundaan. Dari hasil analisis, simpang simpang tidak bersinyal Jalan Letjend Suprapto Jalan Kahuripan Kota Surakarta tahun 2016 memiliki nilai derajat kejenuhan pada hari Selasa untuk pendekat simpang tersebut adalah 1,03. Perubahan yang dilakukan adalah merubah kondisi eksisting simpang tidak bersinyal menjadi simpang bersinyal dengan 3 fase. Pada perubahan menjadi simpang bersinyal dengan pengaturan 3 fase ini didapatkan derajat kejenuhan 0,83. Biaya pemasangan Traffic Light pada Simpang Empat Jalan Letjend Suprapto Jalan Kahuripan Kota Surakarta sebesar Rp. 291.863.000,00
Kata-kata kunci : Evaluasi, Kinerja, RAB, Time Schedule

×
Penulis Utama : Moch Delfahmi R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8213019
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi kinerja simpang tidak bersinyal jalan letjend suprapto jalan kahuripan kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Sipil-I.8213019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lydia Novitriana Nur H, S.T., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.