Penulis Utama : Putri Nurika Anggraini
NIM / NIP : S851502017
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan paket nekamedia matematika Kurikulum 2013 menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP di Kota Surakarta yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Tujuan lain adalah untuk mengetahui apakah nilai pengetahuan peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan paket nekamedia yang telah dikembangkan lebih baik daripada menggunakan produk yang ada sebelumnya.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Prosedur penelitian mengacu pada model Four-D (Define, Design, Develope, Disseminate) yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian. Dalam upaya mendapatkan paket nekamedia yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran digunakan angket untuk memperoleh data: (1) komentar dan saran perbaikan para ahli terhadap paket nekamedia; (2) skor keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan saran tindak lanjut; (3) skor aktivitas peserta didik dan saran tindak lanjut; dan (4) tingkat penghargaan dan keinginan peserta didik terhadap paket nekamedia. Dalam upaya mengetahui apakah nilai pengetahuan peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan paket nekamedia yang telah dikembangkan lebih baik daripada menggunakan produk yang ada sebelumnya digunakan tes.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa paket nekamedia valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 92%, persentase aktivitas peserta didik sebesar 80%, dan persentase peserta didik yang suka dan ingin menggunakan paket nekamedia sebesar 80%. Setelah diuji, nilai pengetahuan akhir peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar akhir kelas kontrol.
Kata kunci: paket nekamedia matematika, Kurikulum 2013, model Problem Based Learning (PBL), bangun ruang sisi datar

 

×
Penulis Utama : Putri Nurika Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851502017
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan paket nekamedia matematika kurikulum 2013 menggunakan model problem based learning (pbl) pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii smp di kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851502017-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Budiyono, M.Sc
2. Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.