Penulis Utama : Rina Wulandari
NIM / NIP : S111408011
×

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) menjelaskan wujud alih kode dalam dialog novel Surga yang Tak Dirindukan berdasarkan pendekatan Poplack; (2) menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi alih kode dalam dialog novel Surga yang Tak Dirindukan; dan (3) menjelaskan fungsi alih kode dalam dialog novel Surga yang Tak Dirindukan.
Permasalahan penelitian dijawab dengan menggunakan kajian sosiolinguistik dengan pendekatan Poplack. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari dialog dalam novel kemudian dianalisis dengan pendekatan Poplack dan etnografi komunikasi dengan memperhatikan konteks tuturan yang berlangsung yaitu berupa komponen tutur. Data penelitian berupa tuturan dialog dalam novel yang didalamnya terdapat alih kode. Tahap penyediaan data diawali dengan penentuan novel, teknik dokumentasi, teknik pengklasifikasian, dan teknik pengkodean data. Selanjutnya menggunakan metode etnografi dengan teknik analisis domain, teknik analisis taksonomi, teknik analisis komponensial, dan teknik analisis tema budaya. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis Spradley.
Hasil dari penelitian ini yaitu, wujud alih kode terdiri dari peralihan kode penegas, peralihan kode intra sentensial, dan peralihan kode inter sentensial dengan menggunakan kalimat deklaratif, imperatif, dan interogatif. Peralihan kode penegas terdiri dari 24 data, peralihan kode intra sentensial terdiri dari 12 data, dan peralihan kode inter sentensial terdiri dari 49 data. Faktor yang mempengaruhi peralihan kode dalam novel diantaranya mengutip tuturan orang lain dan ingin menyesuaikan bahasa dengan mitra tutur. Peralihan kode ini berfungsi untuk menjalin komunikasi yang baik dan untuk menegaskan tuturan yang dituturkan para tokoh dalam novel.
Simpulan dari penelitian ini adalah alih kode inter sentensial sering muncul dengan persentase 55,6%, kemudian alih kode penegas dengan persentase 29,6%, dan yang terakhir alih kode intra sentensial dengan persentase 14,8%. Faktor yang mempengaruhi alih kode yang sering muncul adalah faktor tujuan dalam peralihan kode inter  sentensial dengan jumlah persentase 25,9% dan jarang muncul adalah faktor topik pembicaraan dalam peralihan kode penegas dengan jumlah persentase 2,5%. Fungsi alih kode yang sering muncul adalah fungsi untuk meyakinkan mitra tutur dalam peralihan kode inter sentensial dengan jumlah persentase 13,6%.
Kata kunci: alih kode, kajian sosiolinguistik, pendekatan Poplack, Surga yang Tak Dirindukan.

 

×
Penulis Utama : Rina Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111408011
Tahun : 2016
Judul : Alih kode dalam dialog novel surga yang tak dirindukan karya asma nadia (kajian sosiolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Linguistik (Deskriptif)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Linguistik-S.111408011-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmanto, M. Hum
2. Prof. Dr. Sumarlam, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.