Penulis Utama : Sofia Paramita
NIM / NIP : R1115085
×

Latar Belakang : Motivasi sangat diperlukan dalam pembelajaran praktik klinik untuk membantu mahasiswi konsentrasi terhadap kompetensi yang harus dicapai utamanya keterampilan dalam memberikan asuhan pada ibu bersalin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi pemenuhan target kompetensi asuhan kebidanan ibu bersalin terhadap keterampilan mahasiswi kebidanan semester 4 dalam keterampilan MAK III di PONEK RSUD Karanganyar.
Metode : Desain penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Sampelnya adalah 31 mahasiswi kebidanan semester 4 yang memenuhi kriteria restriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner motivasi dan checklist penilaian MAK III. Uji statistik menggunakan uji Spearmen.
Hasil : 21 responden dengan tingkat motivasi tinggi memiliki nilai maksimum 92 dan 10 responden dengan tingkat motivasi sedang memiliki nilai keterampilan maksimum 84. Hasil uji Spearmen diperoleh nilai p=0,007, R=0,447 berarti terdapat hubungan bermakna antara motivasi pemenuhan target kompetensi asuhan kebidanan ibu bersalin terhadap keterampilan mahasiswi kebidanan semester 4 dalam MAK III dengan arah korelasi positif dan kekuatan korelasi sedang.
Simpulan : Semakin tinggi motivasi pemenuhan target kompetensi asuhan kebidanan ibu bersalin maka semakin tinggi pencapaian nilai keterampilan MAK III
Kata Kunci : motivasi, keterampilan, manajemen aktif kala III

 

×
Penulis Utama : Sofia Paramita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115085
Tahun : 2016
Judul : Hubungan motivasi pemenuhan target kompetensi asuhan kebidanan ibu bersalin terhadap keterampilan mahasiswi kebidanan semester 4 dalam manajemen aktif kala iii di ponek rsud Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115085-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ika Sumiyarsi S, S.SiT., M.Kes
2. Mujahidatul M, S.Kep, Ns, M.Si. Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.