Penulis Utama : Satriya Adi Wicaksana
NIM / NIP : F1314080
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji komponen good corporate governance terhadap tax avoidance. Komponen good corporate governance yang diteliti adalah kepemilikan institusional yang diproksikan dengan persentase kepemilikan institusional, komisaris independen yang diproksikan dengan prosentase komisaris independen dalam struktur dewan komisaris, komite audit yang diproksikan jumlah komite audit, dan kualitas audit yang diproksikan dengan ukuran kantor akuntan publik. Tax avoidance diukur menggunakan Logaritma Natural Book Tax Gap (BTG), dimana BTG adalah selisih laba sebelum pajak dan laba kena pajak.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2014. Sampel penelitian sebanyak 183 perusahaan yang diambil dengan metode purposive sampling.
Hasil analisis menunjukkan bahwa komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan untuk kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.


Kata Kunci : Good Corporate Governance, Tax Avoidance, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, Kualitas Audit

×
Penulis Utama : Satriya Adi Wicaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1314080
Tahun : 2016
Judul : Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi - F1314080 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Christiyaningsih Budiwati, S.E, M.Si, Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.