Penulis Utama : Yuyun Novitasari
NIM / NIP : K4211073
×

ABSTRAK

Penelitianini bertujuanmendeskripsikan: (1) unsur strukturalyang terdapat dalam kumpulan geguritan pada rubrik Jagad Sastra Koran Solopos edisi April-Mei 2015; (2) nilai moral yang terkandung di dalam kumpulan geguritan pada rubrik Jagad Sastra Koran Solopos; (3) relevansinya terhadap materi pembelajaran bahasa Jawa di SMA berdasarkan Kurikulum2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dan analisis isi atau content analysis. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan/narasumber, kajian dokumen, dan lokasi. Validitas data berupa triangulasi data, teori dan sumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research), analisis dokumen (document analysis), serta wawancara. Analisis data meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)Struktur kumpulan geguritan pada rubric Jagad Sastra Koran Solopos edisi April-Mei 2015 terdiri atas struktur fisik dan batin, fisik meliputi diksi, citraan atau pengimajian (imagery), kata konkret, gaya bahasa atau majas, rima, ritme, dan tipografi, struktur batin meliputi tema, perasaan, nada dan suasana, amanat; (2) nilai moral yang terkandung dalam geguritan diantaranya ada nilai moral terhadap sesama manusia, nilai moral terhadap ciptaan Tuhan, dan nilai moral terhadap Tuhan;(3) Kumpulan Geguritan dalam rubric Jagad Sastra Koran Solopos edisi April-Mei 2015 sesuai dan layak untuk dijadikan sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra Jawa di SMA. Kelayakan kumpulan geguritan rubric Jagad Sastra dalam dijadikan materi
ix
pembelajaran karena sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013, serta kelayakan materi pembelejaran sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Selain itu, dalam kumpulan geguritan rubric Jagad Sastra Koran Solopos edisi April-Mei 2015 mengandung nilai moral yang dapat dijadikan contoh oleh siswa dalam berperilaku.


Kata kunci : geguritan, pendekatan struktural, nilai moral, materi pembelajaran

×
Penulis Utama : Yuyun Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4211073
Tahun : 2016
Judul : Analisis Struktural Dan Nilai Moralgeguritandalam Koran Solopos Edisi April-Mei 2015 Serta Relevansinya Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sma Berdasarkan Kurikulum 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa - K4211073 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd
2. Rahmat, S.S, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.