Penulis Utama : Achmad Berliandi
NIM / NIP : F3312002
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja keuangan PT Semen Indonesia Tbk. sebagai perusahaan milik BUMN dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. sebagai perusahaan swasta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Obyek yang digunakan yaitu data laporan keuangan yang berupa Neraca dan Laporan Laba Rugi PT Semen Indonesia Tbk. dan PT Indocement Tunggal Prakarsa tbk. pada periode 2010, 2011, 2012, 2013, 2014. Penelitian ini menggunakan alat analisis berupa rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas.
Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan PT Indocement Tunggal Prakarsa memiliki angka rasio yang lebih baik selama periode tahun 2010-2014 berdasarkan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profit margin, dan rasio ROA. Sedangkan PT Semen Indonesia Tbk. memiliki angka rasio yang lebih baik hanya pada rasio ROE.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah PT Indocement Tunggal Prakarsa lebih diunggulkan bila dilihat dari kinerja keuangannya. Hal ini terbukti dengan pertumbuhan pasar yang kuat di sebagian besar kategori.
Untuk meningkatkan kinerja keuangan sebaiknya manajemen lebih baik lagi dalam mengelola data keuangan dan dalam mengambil keputusan serta dapat membuat inovasi. Hal ini bertujuan agar perusahaan mampu bersaing dan bertahan di Indonesia.


Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas

×
Penulis Utama : Achmad Berliandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3312002
Tahun : 2016
Judul : Analisis Rasio Keuangan Sebagai Dasar Pembanding Untuk Menilai Kinerja Keuangan Antara PT Semen Indonesia Tbk. Dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Periode 2010-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. Diploma III Akuntansi - F3312002 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Widodo, S.E, M.Si, Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.