Penulis Utama : Adhi Triyandartoko
NIM / NIP : D1413005
×

ABSTRAK

Perkembangan stasiun televisi di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat dan berlomba – lomba untuk menayangkan acara yang menarik. Termasuk stasiun Televisi lokal yang tak mau kalah untuk menayangkan proram acara yang menarik, Kompas TV Dewata adalah salah satu stasiun televisi lokal yang berada dibawah naungan stasiun nasional Kompas TV. Kompas TV Dewata mengunggulkan program beritan nya. Penulis berkesempatan melaksanakan Kuliah Kerja Media di stasiun televisi tersebut pada bagian news. Di sini penulis mendapatkan tugas sebagai editor video pada program berita Kompas Dewata. Pada dasarnya editing adalah proses penggabungan antara naskah dengan elemen audiovisual yang kemudian menghasilkan sebuah tayangan. Peran editor video dalam sebuah produksi program berita sangatlah penting karena menjadikan susunan gambar lebih baik dan layak untuk ditonton atau dinikmati, karena lebih menampilkan shot yang sopan, tidak menampilkan adegan-adegan kekerasan, pornografi, dan unsur lain yang tidak layak untuk ditayangkan.
Selama pelaksanaan Kuliah Kerja Media penulis mendapatkan banyak sekali pengalaman dalam dunia kerja terutama pada bidang penyiaran. Penulis juga dapat menerapkan ilmu yang penulis dapat di dalam perkuliahan. Penulis lebih memahami bagaimana sebuah tayangan televisi diproduksi dan ditayangkan kepada pemirsa.
Pada akhirnya penulis dapat menarik kesimpulan bahwa editing video merupakan proses akhir sebuah produksi berita, dapat menolong kelemahan yang dilakukan petugas lain. Namun sebaliknya jika editor video tidak maksimal bekerjanya juga dapat menurunkan kualitas produksi berita yang akan ditampilkan. Oleh karena itu dalam proses editing diperlukan ketelitian, kreatifitas, kecepatan dan kerjasama antar kru agar menghasilkan sebuah tayangan yang informatif dan menarik.


Kata kunci : penyiaran, kompas dewata, editor video berita.

×
Penulis Utama : Adhi Triyandartoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413005
Tahun : 2016
Judul : Proses Editing Video Pada Program Berita Pagi Dan Petang Di Kompas Tv Dewata
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Prog. Diploma III Komunikasi Terapan - D1413005 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto, S.Sn, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.