Penulis Utama : Elizabeth Hutami Widowati
NIM / NIP : F0312044
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh management background yang diproksikan dengan keberadaan latar belakang pendidikan akuntansi, proporsi latar belakang pendidikan MBA, dan proporsi etnis Tionghoa yang diujikan pada dewan direksi perusahaan serta intellectual capital yang dihitung menggunakan metode VAIC terhadap kinerja keuangan (ROA) perbankan konvensional di Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan perbankan konvensional terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah beroperasi selama rentang tahun 2012-2015, sehingga didapatkan sampel penelitian berjumlah 140 yang diambil dari 39 perusahaan. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini yakni Eviews 7 untuk pengujian regresi linier berganda.
Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam dunia perbankan di Indonesia keberadaan latar belakang pendidikan akuntansi pada dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dan proporsi etnis Tionghoa pada dewan direksi juga tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Namun proporsi latar belakang pendidikan MBA dan VAIC perusahaan perbankan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA).
Kata kunci: management background, intellectual capital, VAIC, ROA, perbankan

 

×
Penulis Utama : Elizabeth Hutami Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0312044
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Management Background, Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan Perbankan di Indonesia (Studi pada Perusahaan Perbankan Konvensional Terdaftar di BEI 2012-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F.0312044-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Nurmadi Harsa Sumarta, M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.