Penulis Utama : Fandu Dyangga Pradeta
NIM / NIP : S861502012
×

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Ponggok, (2) Mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis Pemikiran Soekarno untuk meningkatkan sikap kepemimpinan Siswa, (3) Menguji efektivitas model pembelajaran sejarah berbasis Pemikiran Soekarno untuk meningkatkan sikap kepemimpinan Siswa.
Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan konsep yang telah dibuat oleh Borg and Gall. Implementasi tahapan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan uji efektifitas model. Analisis data kelayakan model menggunakan skala Likert dengan rentang 5. Sedangkan uji efektivitas model menggunakan uji- T.
Berdasarkan hasil penelitian, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah (teacher centered). Tingkat sikap kepemimpinan siswa masih tergolong rendah. Sebagian besar siswa juga masih belum mengetahui bahwa pemikiran Soekarno mempunyai pengaruh yang besar terhadap bangsa Indonesia. Adapun langkah- langkah ini dibagi menjadi beberapa tahap antara lain tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup.
Validasi oleh pakar dijadikan pertimbangan untuk menyempurnakan model yang akan dikembangkan pada tahap uji coba. Hasil uji validasi model diperoleh nilai 4,50 (baik), validasi RPP diperoleh nilai 4,71 (baik),validasi soal dengan nilai 4,72 (baik) dan validasi bahan ajar/ materi diperoleh nilai 3,84 (baik). Hasil Uji- T sebesar 5,135 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,025, sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap kepemimpinan siswa.
Kata Kunci: Pengembangan Model, Pemikiran Soekarno, Kepemimpinan Siswa

 

×
Penulis Utama : Fandu Dyangga Pradeta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861502012
Tahun : 2016
Judul : Model pembelajaran sejarah berbasis pemikiran soekarno untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa sma n 1 Ponggok Blitar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S.861502012 -2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd
2. Dr. Leo Agung S, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.