Penulis Utama : Genta Latin Zenn
NIM / NIP : D1413034
×

SMARADHANA PRO adalah salah rumah produksi di Indonesia yang cukup sering memproduksi film layar lebar dan layak untuk di jadikan sebagai salah satu media proses pembelajaran akademis sekaligus penambah wawasan pengetahuan, umumnya pada media penyiaran dan khususnya di bidang perfilman. Film haruslah mempunyai tayangan yang menarik baik dilihat dari penataan gambarnya, penambahan backsound musik yang cocok, penambahan efek video yang menarik, dan naskah yang memiliki alur cerita yang menarik sekaligus menantang, maka dari itu penulis tertarik pada bidang Asisten Sutradara yang memiliki tugas mengatur semua itu.
Film mampu membuat masyarakat diberbagai penjuru dunia untuk duduk manis di sebuah gedung bioskop dan mampu membuat mereka terhibur bahkan menjadi takjub oleh film yang baru mereka lihat. Film Televisi atau Ftv juga termasuk di dalamnya karena Film televisi juga salah satu inovasi hiburan di masyarakat yang bisa membuat mereka yang menontonnya menjadi terhibur meskipun tidak sehebat film layar lebar. Kuliah Kerja Media dilaksanakan pada tanggal 2 April – 2 Juni 2016 di PT. SMARADHANA PRO Jakarta.
Pada Kuliah Kerja Media di SMARADHANA PRO ini, penulis mendapat tugas untuk menjadi asisten sutradara kedua. Dalam proses produksi Ftv Anak Kampung Vs Anak Kompleks, penulis banyak melakukan tugas asisten sutradara seperti melakukan breakdown pada naskah, mencari lokasi untuk syuting atau hunting lokasi, melakukan rapat produksi dengan kru film, mencari talent atau aktir/aktor, dan mencari mitra kerja atau sponsor. Pada saat proses produksi Ftv Anak Kampung Vs Anak Kompleks, penulis mengalami beberapa kendala seperti, pada awal-awal Kuliah Kerja Media penulis masih belum terbiasa dengan alur kerja seorang asisten sutradara dan cara yang benar untuk membreakdown sebuah naskah, penulis masih kebingungan ketika pergantian lokasi dalam proses prosuksi.
Selama Kuliah Kerja Media penulis banyak mengamati tentang bagaimana cara kerja seorang asisten sutradara dan mengerti tentang apa saja tugas dan tanggung jawab sebagai seorang asisten sutradara. Sebagai seorang asisten sutradara, penulis banyak belajar tentang teknik-teknik membedah naskah atau membreakdown naskah dan SOP (Standar Operational Procedure) untuk seorang asisten sutradara yang benar. Saran-saran juga diberikan penulis kepada Instansi dan Kampus.
Kata kunci: film, asisten sutradara, smaradhana, uns, film televisi

 

×
Penulis Utama : Genta Latin Zenn
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413034
Tahun : 2016
Judul : Tugas asisten sutradara di ftv “anak kampung vs anak kompleks” sebagai perkembangan film terkini
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Penyiaran-D.1413034-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan, S.Sos, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.