Penulis Utama : Anggun Fatma Dewi
NIM / NIP : K7112017
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Pembelajaran NHT dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016, (2) meningkatkan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan melalui penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dari penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pendahuluan dengan multimedia, (b) pembentukan kelompok belajar, (c) penomoran, (d) pengajuan pertanyaan dengan multimedia, (e) pelaksanaan diskusi dengan multimedia, (f) pemberian jawaban, (g) persamaan persepsi dengan multimedia, dan (h) penutupan dengan multimedia, (2) penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai KKM (75) lebih dari 85% (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) sulitnya pengkondisian terhadap siswa, (b) pengaturan alokasi waktu sesuai perencanaan sulit dilaksanakan, (c) kurangnya rasa percaya diri siswa ketika menyampaikan hasil diskusi kelompok, (d) terganggunya siswa yang telah dapat dikondisikan oleh siswa yang gemar bermain dan berbicara dengan temannya atau tidak fokus pada pembelajaran. Adapun solusi yaitu: (a) guru bersikap lebih tegas, (b) guru menyiapkan perangkat multimedia sebelum pembelajaran dimulai, (c) motivasi siswa agar percaya diri dengan memberikan apresiasi atau penguatan, (d) meminta siswa untuk saling mengingatkan agar dapat fokus pada pembelajaran.
Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016.


Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), multimedia, IPS

×
Penulis Utama : Anggun Fatma Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112017
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Pembelajaran Ips Materi Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas Iii Sdn Tanjungsari Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7112017 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd
2. Moh. Salimi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.