Penulis Utama : Destiningsih Dini Safitri
NIM / NIP : R1115022
×

Latar Belakang: Tercapainya seluruh laporan asuhan persalinan normal merupakan syarat untuk dapat melaksanakan Ujian Akhir Program (UAP) dan Ujian KTI pada mahasiswa diploma III kebidanan, Akademi Kebidanan X Surakarta. Motivasi belajar adalah daya penggerak seseorang untuk berbuat dan mencapai tujuan sehingga dapat meningkatkan capaian target laporan asuhan kebidanan persalinan normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan pencapaian target laporan asuhan kebidanan persalinan normal mahasiswa D III kebidanan Akademi Kebidanan X Surakarta.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Prodi DIII Kebidanan Akademi Kebidanan X Surakarta pada bulan Desember 2015- Juli 2016. Tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan 49 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji Spearman.
Hasil: Uji statistik menggunakan sistem komputerisasi dengan uji Spearman pada tingkat kemaknaan 95% (a 0,05). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kekuatan korelasi r= 0,623; p= 0,00. Hal ini berarti bahwa ada hubungan positif yang bermakna dengan tingkat kekuatan kuat antara motivasi belajar dan pencapaian target laporan asuhan kebidanan persalinan normal pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Akademi Kebidanan X Surakarta.
Simpulan: Semakin tinggi nilai motivasi belajar maka semakin tinggi tingkat pencapaian target laporan asuhan persalinan normal
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Laporan Asuhan Kebidanan, Persalinan Normal

 

×
Penulis Utama : Destiningsih Dini Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115022
Tahun : 2016
Judul : Hubungan motivasi belajar dan pencapaian target laporan asuhan kebidanan ibu bersalin normal pada mahasiswa diploma iii kebidanan akademi kebidanan x di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ika Sumiyarsi, S.ST., M.Kes
2. Mujahidatul Musfiroh, S.Kep., Ns., M.Si., Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.