Penulis Utama : Octaviani
NIM / NIP : S501108061
×

Latar Belakang : Pembentukan adhesi intra peritoneal merupakan salah satu efek samping yang sering terjadi pasca operasi abdominal sehingga banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah atau meminimalkan terjadinya adhesi ini.
Tujuan : Mengetahui Apakah ada perbedaan pengaruh pencucian menggunakan sterile water for irrigation® dan normal saline terhadap adhesi peritoneum pasca laparotomi pada tikus putih?
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium. Sampel penelitian 32 tikus putih dibagi 2 kelompok, dimana kelompok A dilakukan pencucian menggunakan normal saline dan kelompok B dilakukan pencucian menggunakan sterile water for irrigation® dengan masing-masing jumlah sampel 16, dengan menilai adhesi peritoneum secara mikroskopik setelah dilakukan relaparotomi.
Hasil : Adhesi peritoneum pasca laparotomi pada tikus putih yang dilakukan pencucian dengan steril water for irrigation grade 1 sebanyak 7 sampel, grade 2 sebanyak 5 sampel dan grade 3 sebanyak 4 sampel, sedangkan yang dilakukan pencucian dengan menggunakan normal saline grade 1 sebanyak 2 sampel, grade 2 sebanyak 5 sampel dan grade 3 sebanyak 9 sampel. Dimana secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05).
Simpulan : Dari hasil analisis statistik data penelitian terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh pencucian menggunakan sterile water for irrigation® lebih baik dibandingkan dengan normal saline.
Kata Kunci : Adhesi peritoneum, sterile water for irrigation®, normal saline

 

×
Penulis Utama : Octaviani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501108061
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan pengaruh pencucian menggunakan sterile water for irrigation® dan normal saline terhadap adhesi peritoneum pasca laparotomi pada tikus putih
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kesehatan Keluarga-S.501108061-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Rahardjo, dr, Sp.B(K)BD
2. Dr. Untung Alifianto, dr., Sp.BS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.