Penulis Utama : Ari Fitriyah
NIM / NIP : F1314014
×

ABSTRAK

Penelitian ini berhubungan dengan isu mengenai kinerja pemerintah daerah. Setiap Pemerintah daerah mempunyai kewenangan untuk mengatur sistem pengelolaan keuangan daerah. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Kinerja keuangan pemerintah daerah dalam penelitian ini difokuskan pada rasio pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karakteristik pemerintah daerah diproksikan dengan Belanja Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah (Size), Leverage, Status Daerah dan Umur Pemerintah Daerah.
Pengujian hipotesa menggunakan analisis regresi berganda. Obyek penelitian adalah kabupaten/kota di Indonesia tahun 2013 dan 2014. Teknik penentuan sampling adalah Purposive Sampling, Sampel seluruhnya diambil dari 368 kabupaten/kota di Indonesia mengunakan LKPD kota/kabupaten yang telah diaudit BPK.
Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ukuran daerah berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan PAD. Simpulan kedua, status daerah dan umur daerah berpengaruh terhadap pertumbuhan PAD. Simpulan ketiga adalah belanja daerah dan tingkat leverage tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan PAD suatu daerah.


Kata Kunci : Karateristik Pemerintah Daerah, Rasio Pertumbuhan PAD, Belanja Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah (Size), Leverage, Status Daerah dan Umur Pemerintah Daerah.

×
Penulis Utama : Ari Fitriyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1314014
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris : Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi - F1314014 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.