Penulis Utama : Bastian Ali
NIM / NIP : F0109013
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal usaha, tenaga kerja dan bahan baku terhadap keuntungan industri mebel di Kota Surakarta. Data yang digunakan adalah data primer. Dengan jumlah responden adalah 56 pelaku usaha mebel, metode analisis data yaitu regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : Variabel modal usaha, tenaga kerja dan bahan baku secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keuntungan industri mebel di Kota Surakarta. Nilai adjusted R² sebesar 0,944. Berarti nilai adjusted R² menunjukan bahwa variasi variabel dependen sebesar 94,4% mampu dijelaskan oleh variabel independen. Sisanya sebesar 5,6% dijelaskan oleh variabel-variabel diluar variabel yang digunakan pada persamaan regresi dalam penelitian ini.
Rekomendasi penelitian ini adalah : Pengusaha mebel di Kota Surakarta hendaknya, melakukan kerjasama antar pengusaha atau pihak lain guna maksimalkan potensi yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan keuntungan. Pemerintah Kota Surakarta diharapkan memberikan pelatihan kepada para tenaga kerja di industri mebel supaya kemampuan dan ketrampilan mereka meningkat. Menambah biaya bahan baku untuk membeli bahan mentah untuk menambah volume produksi sehingga keuntungan meningkat.


Kata kunci : Keuntungan, modal usaha, tenaga kerja, bahan baku, industri mebel

×
Penulis Utama : Bastian Ali
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0109013
Tahun : 2016
Judul : Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Industri Mebel Di Kota Surakarta Tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan - F0109013 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.