Penulis Utama : Dani Ramdani
NIM / NIP : K2309011
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian yaitu membuat media pembelajaran dalam bentuk permainan monopoli fisika pada materi fluida dinamis dan memaparkan karakteristik media pembelajaran dalam bentuk permainan monopoli fisika pada materi fluida dinamis.
Desain penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan mengggunakan model ASSURE. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari hasil penilaian angket oleh ahli materi, ahli media, teman sejawat, guru fisika, uji coba siswa kelompok kecil, dan uji coba siswa kelompok besar. Data tersebut dideskripsikan dengan teknik persentase.
Penelitian ini menghasilkan Media Monopoli Fisika pada materi Fluida Dinamis untuk siswa SMA yang dibuat menggunakan model ASSURE. Media Monopoli Fisika memiliki karakteristik dengan penilaian 83% untuk aspek desain pembelajaran sehingga memiliki kriteria sangat baik pada aspek desain pembelajaran. Selanjutnya Monopoli Fisika memiliki penilaian 81% untuk aspek tampilan papan monopoli fisika, 81% untuk aspek tampilan kartu monopoli fisika, dan 81% untuk aspek aturan permainan Monopoli Fisika sehingga ketiga aspek tersebut memiliki kriteria sangat baik. Oleh karena itu, secara keseluruhan persentase penilaian pada uji coba kecil adalah 82% yang menunjukkan bahwa media Monopoli Fisika berkriteria sangat baik.


Kata kunci : permainan, monopoli fisika, Adobe Flash Professional CS6.0

×
Penulis Utama : Dani Ramdani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2309011
Tahun : 2016
Judul : Permainan Monopoli Fisika Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa Sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika - K2309011 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd
2. Anif Jamaluddin, S.Si, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.