Penulis Utama : Desi Luciana Pratiwi
NIM / NIP : D1214025
×

ABSTRAK

Berbagai pemberitaan media massa mengenai tempat-tempat wisata yang terbengkalai di Indonesia, khususnya di Kabupaten dan Kota Pekalongan, seiring dengan banyaknya pemberitaan terkait isu pencemaran lingkungan hidup di media baru seperti media sosial. Namun di sisi lain, terdapat sekumpulan anak muda yang tergabung dalam komunitas InstaPekalongan justru giat membuat program-program peduli lingkungan di kawasan wisata Pekalongan, dan menyebarkan pesan positif terkait aksi inspiratif mereka melalui media sosial instagram. Instagram dipilih InstaPekalongan di awal kemunculan media tersebut ketika jumlah penggunanya meningkat pesat. Pesan tersebut disampaikan sebagai upaya membangun wacana peduli lingkungan di benak pembaca, khususnya remaja dan anak muda. Fenomena inilah yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penjabaran tentang bagaimana wacana peduli lingkungan di kawasan wisata Pekalongan pada kiriman di akun instagram @instapekalongan periode 18 Maret-2 November 2015 dapat dibangun.
Teori tiga dimensi analisis wacana Norman Fairclough digunakan untuk menganalisis bagaimana wacana peduli lingkungan dibangun komunitas InstaPekalongan secara tekstual. Tiga dimensi tersebut yaitu dimensi teks,dimensi praktik diskursif dan dimensi praktik sosial yang digunakan untuk menganalisis pemilihan kata, kalimat dan isyarat pada teks, serta maknanya. Teori membaca gambar Gunther Kress dan Theo van Leeuwen digunakan untuk menganalisis bagaimana wacana peduli lingkungan dibangun komunitas InstaPekalongan secara visual. Tiga pendekatan Kress dan Leeuwen yang digunakan pada penelitian ini:merancang aksi sosial, merancang posisi pembaca, dan merancang modalitas realita; untuk menganalisis makna aksi, reaksi dan fenomena yang ditampilkan, jarak sosial dan suasana yang tercermin, serta pengaturan warna dan kecerahan yang digunakan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana „tiga dimensi? Norman Fairclough dan analisis visual berdasarkan „teori membaca gambar? Gunther Kress dan Theo van Leeuwen pada kiriman InstaPekalongan di akun instagram @instapekalongan terkait isu kepedulian lingkungan di kawasan wisata Pekalongan saja, yaitu kiriman pada tanggal 18 Maret - 2 November 2015.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwawacana kepedulian lingkungan dikawasan wisata disampaikan oleh InstaPekalongan sebagai tindakan peduli kelestarian wisata alam (seperti peduli kebersihan sungai, air terjun dan perbukitan, serta pencegahan abrasi pantai), tindakan peduli terhadap keindahan fasilitas umum dan tindakan peduli sampah yang dibawa ke tempat wisata. Wacana tersebut dibangun oleh InstaPekalongan dengan upaya-upaya seperti; penggunaan bahasa yang mudah dimengerti target penerima pesan dan pemilihan elemen gambar yang menunjang teks yang persuasif.


Kata kunci : Peduli Lingkungan, Analisis Wacana, Analisis Visual, Instagram.

×
Penulis Utama : Desi Luciana Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214025
Tahun : 2016
Judul : Wacana Peduli Lingkungan Di Instagram (Analisis Kajian Teks Dan Visual Mengenai Wacana Peduli Lingkungan Di Kawasan Wisata Pekalongan Pada Kiriman Di Akun Media Sosial Instagram @Instapekalongan Periode 18 Maret – 2 November 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi - D1214025 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.