Penulis Utama : Desi Puspitasari
NIM / NIP : D1413019
×

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Peran Reporter Pada Program Seleb On News di MNCTV. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Media ini, penulis memilih dan berkesempatan bergabung kedalam tim liputan pada program Seleb On News, yang merupakan program acara di stasiun Media Nusantara Citra (MNCTV). Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk bisa melihat, mengikuti dan terjun langsung dalam proses kerja profesional sebuah acara di televisi.
Reporter yaitu seseorang yang dapat melaporkan suatu kejadian atau suatu peristiwa. Kejadian yang dimaksud adalah suatu keadaan atau kondisi yang dibuat oleh manusia sendiri. Sedangkan yang dimaksud dengan peristiwa adalah suatu keadaan atau kondisi yang berkatan dengan alam/fenomena. Reporter memiliki peran yang begitu penting. Untuk menjadi seorang reporter news maupun infotainment, jelas tidak cukup hanya berbekal ilmu pengetahuan formal dan umum yang luas, tapi juga harus mampu bekerja sama dalam sebuah tim yang solid. Seperti yang sudah diketahui, tugas reporter adalah mencari berita di lapangan sesuai dengan arahan koordinator liputan. Berkualitas atau tidaknya sebuah peliputan berita sebagian besar tergantung pada crew di lapangan, yakni reporter dan kameramen.
Kegiatan yang dilakukan penulis selama mengikuti Kuliah Kerja Media (KKM) adalah sebagai reporter infotainment reguler di MNCTV. Selama dua bulan, sejak tanggal 11 April 2016 – 10 Juni 2016 adalah sebagai reporter dalam program MNCTV.
MNCTV sejak awal telah membuktikan diri sebagai stasiun televisi yang jeli dalam menangkap selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia, stasiun televisi yang menampilkan citra Indonesia, mengedepankan tayangan-tayangan aman untuk dinikmati seluruh keluarga
Hasil laporan menunjukkan bahawa Reporter dalam tim liputan berita berperan sebagai produser atau pimpinan produksi, ia adalah orang yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan liputan. Reporter dalam sebuah stasiun televisi, di tuntut untuk cepat dan cekatan dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Secara keseluruhan peran reporter memanglah penting bagi satsiun televisi, karena tanpanya, suatu program berita tidak akan bisa tayang di televisi.


Kata Kunci : Reporter, Seleb On News, MNCTV.

×
Penulis Utama : Desi Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413019
Tahun : 2016
Judul : Peran Reporter Pada Program Seleb On News Di Mnctv
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Prog. Diploma III Komunikasi Terapan - D1413019 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.